Kamis, 06 Desember 2012

PROSES PEMBUATAN BATIK TULIS


Pada dasarnya proses batik yang ditulis tangan demi menjaga nilai seni tradisional dan warisan sejarah membutuhkan waktu yang lama dalam pengerjaannya. Banyak mungkin yang tidak percaya bahwa selembar batik tulis bisa saja jadi dalam waktu 1 sampai 1,5 bulan. Kenapa bisa demikian?  
Proses dasar batik adalah sebagai berikut :
Molani (membuat pola) – Menulis Tangan – Mbabar(pewarnaan)
Akan tetapi dari tiga proses tadi apabila dijabarkan akan menjadi proses yang panjang lebar dan umumnya dilakukan satu demi satu.
1. Membuat pola mungkin adalah proses yang paling cepat diselesaikan, perajin akan menulis pola menggunaka pensil atupun arang kayu, sesuai dengan yang diinginkan. Ini kalau cepat bisa diselesaikan 3-4 jam.
2. Setelah itu pada pada proses selanjutnya adalah proses penulisan tangan, inilah proses yang mungkin membutuhkan waktu paling lama karena dalam batik tradisional semua  penulisannya adalah manual dengan tangan. Selain menulis tangan dengan canting  mengikuti pola yang ditentukan, dalam proses ini dikenal tahapan dalam istilah jawa Ngengrengi-Nyeceki-Nembok. Nah proses-demi proses tersebut biasanya dikerjakan oleh orang yang berbeda. Dan rata-rata memakan waktu satu minggu.
3. Berikutnya adalah proses Mbabar  (Pewarnaan) Proses mbabar  biasanya dikerjakan dalam sehari selesai. Akan tetapi apabila batik yang dikehendaki hanya mengandung satu  warna. Apabila menginginkan motif batik dengan beberapa unsur dan tingkatan  warna,  maka proses ini harus dikerjakan berulang dan itu bisa membutuhkan waktu 2-3 hari.
Dalam proses mbabar (pewarnaan) dikenal juga proses ngerok dan nglorot.
Ngerok : adalah mengupas malam/lilin yang menempel pada kain mori (primis) untuk kemudian diwarnai ataupun tidak.
Nglorot : mengambil kain batik yang sudah direndam dalam air pewarnaan kemudian diangin-anginkan ditempat teduh.
Dalam proses mbabar ini batik motif tradisional bisa di warnai dengan bahan sintetik (warna sintetis) maupun dengan bahan-bahan alam (warna alam).
Nah demikianlah lamanya proses membatik, akan tetapi proses yang lama tersebut sengaja kami pertahankan demi menjaga nilai-nilai tradisionalitas, keaslian dan nilai historis-nya.

 
proses batik

 
proses pewarnaan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar